Wednesday, November 24, 2010

Aktivitas Penjaminan Kualitas Perangkat Lunak

Menurut R.Pressmann dalam buku Software Engineering-nya, disebutkan bahwa ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk memberikan jaminan terhadap kualitas produk perangkat lunak yang dihasilkan. Diantaranya adalah sbb:

1. Prepares an SQA plan for a project. Menyiapkan rencana jaminan kualitas software untuk sebuah project. Seperti apa kualitas yang diinginkan dan bagaimana langkah-langkah untuk mencapainya.

2. Participates in the development of the project’s software process description. Berperan serta dalam mendeskripsikan proses-proses yang akan dilakukan dalam pembuatan perangkat lunak.

3. Reviews software engineering activities to verify compliance with the defined software process. Melakukan review terhadap aktivitas RPL untuk memastikannya sesuai dengan proses perangkat lunak yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Audits designated software work products to verify compliance with those defined as part of the software process. Melakukan audit terhadap produk RPL untuk memastikan kesesuaian dengan apa-apa yang telah didefinisikan sebagai bagian proses perangkat lunak.

5. Ensures that deviations in software work and work products are documented and handled according to a documented procedure. Memastikan bahwa penyimpangan dalam hal pekerjaan perangkat lunak maupun hasilnya telah didokumentasikan dan ditangani sesuai prosedur yang berlaku.

5. Records any noncompliance and reports to senior management. Mencatat setiap ketidaksesuaian dan melaporkannya ke manajemen senior.

No comments:

Post a Comment