Tuesday, November 29, 2011

Nyi Roro Kidul Hanya Rekayasa Politik?

Nyai Ratu Kidul diyakini masyarakat Jawa sebagai isteri gaib dari Sutowijoyo. Kita sudah mengetahui bagaimana karakter dan etika Sutowijoyo, yang tidak lain adalah seorang penguasa yang cerdik, licik, pembohong dan kejam. Sutowijoyo, meskipun konon adalah murid Sunan Kalijaga, tetapi dalam berpolitik sama sekali tidak berpegang teguh pada etika dan tatakrama politik Islam. Sutowijoyo seperti para penguasa Jawa pada umumnya, tidak pandang beragama Hindu, Budha atau Islam; licik dan kejam.

Lalu apa hubungannya dengan Nyai Ratu Kidul?
Boleh jadi Nyai Ratu Kidul adalah tokoh rekaan guna untuk memperkokoh kekuasaan Sutowijoyo. Dengan melemparkan isu bahwa Sutowijoyo menjalin aliansi dengan Penguasa lelembut dari Laut Selatan, maka pastilah akan membuat banyak lawan-lawannya bergidik. Itu dalah teknik psywar secara mistis. Sebab orang Jawa pada umumnya masih terpengaruh (menganut) kepercayaan mistik, maka itu dijadikan pertimbangan oleh Sutowijoyo.


Ada beberapa pertanyaan yang perlu dikemukakan, berkenaan dengan kontrak Nyai Ratu Kidul dengan Sutowijoyo yang salah satu isinya adalah: “Sutowijoyo dan raja-raja Mataram keturunannya menjadi suami Nyai Ratu Kidul”, diantaranya sebagai berikut:

(1) Jika Sutowijoyo yakin dengan pasukan lelembut dari Nyai Ratu Kidul, lalu mengapa harus takut melawan aliansi pasukan Jawa Timur di Madiun, sehingga ia harus “menipu” para penguasa Jawa Timur? Kalau hanya untuk meminimalisasi korban perang, bukankah cukup dengan cara menggerakkan pasukan lelembut untuk, misalnya, menggelitik ketiak seluruh pasukan Jawa Timur sehingga akan pingsan kaku dan mudah untuk ditawan, tak perlu dibunuh?

(2) Jika Sutowijoyo yakin dengan kontraknya dengan Nyai Ratu Kidul, lalu mengapa ia harus “mengumpankan” anak perempuannya sendiri untuk menaklukkkan Ki Ageng Mangir? Mengapa tidak menyuruh anak buah Nyai Ratu Kidul (jin atau setan) untuk menyamar menjadi perempuan paling cantik di dunia guna memikat Ki Ageng Mangir?

(3) Jika benar Nyai Ratu Kidul mengikat kontrak dengan Sutowijoyo bahwa anak dan keturunan Sutowijoyo sebagai raja-raja Jawa juga harus menjadi suami Nyai Ratu Kidul, lalu mengapa Jawa akhirnya jatuh ke tangan VOC dan Belanda, bahkan dioper ke Inggris, dikuasai lagi oleh Belanda, dioper ke Jepang, sampai babak belur selama 350 tahun?

Dan kisah selengkapnya bisa dibaca dengan men-download file pdf-nya di http://masbagio.blogspot.com/2010/10/e-book-nyai-ratu-kidul-hanya-rekayasa.html :)

Atau bisa juga ke http://bluejundi.wordpress.com/download/

No comments:

Post a Comment