Monday, December 19, 2011

Tips Menguasai Bahasa Pemrograman

Menguasai bahasa pemrograman adalah salah satu kompetensi utama rumpun ilmu Informatika, tak terkecuali bidang studi Sistem Informasi. Namun ternyata cukup banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam belajar bahasa pemrograman. Beberapa penyebabnya menurut saya adalah berikut ini.

Pertama, bahasa pemrograman tetaplah dia adalah sebuah bahasa.
Bedanya, jika bahasa yang kita kenal adalah untuk berkomunikasi dengan sesama manusia, maka bahasa pemrograman adalah bahasa yang dipakai manusia untuk berkomunikasi dengan komputer. Mempelajari dan menguasai bahasa memang butuh waktu. Contoh sederhananya adalah kita yang belajar bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Sudah sekian tahun belajar, namun belum juga bagus hasilnya. Apalagi bahasa pemrograman yang mungkin baru pertama kali kita kenal saat kuliah? :)


Kedua, yang namanya bahasa hukumnya adalah wajib untuk dilatih, dan dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak berhenti hanya di tataran teori. Maksudnya, untuk bisa menguasai programming haruslah dengan memperbanyak porsi waktu untuk belajar. Sangat naif jikalau ada mahasiswa ingin menguasai programming tapi belajarnya hanya saat kuliah, atau bahkan saat menjelang ujian saja. Bagaimana akan menjadi bisa? Intinya, harus rajin belajar dan berlatih. Tidak perlu segan untuk memulai dengan beberapa contoh program.

Ketiga, malu bertanya kepada orang lain padahal butuh. Alangkah baiknya jika dibuat kelompok belajar programming bagi mahasiswa. Mahasiswa yang kemampuannya lebih, diminta mengajari yang masih belum bisa. Dengan semangat berbagi ini, ilmu akan terus bermanfaat dan melekat erat. Tidak ada salahnya pula untuk menanyakannya kepada dosen pengajar maupun asistennya. Jikalau masih juga merasa malu, maka bisa menggunakan media komunikasi online (email, message, dst).

Keempat, belajarlah dari contoh yang sederhana terlebih dulu. Mulai dengan copas coding berdasar contoh yang mungkin ada di buku/ artikel/ internet. Compile, run and test. Setelah cukup jelas, lakukan modifikasi-modifikasi, sedikit demi sedikit dan pahami maksudnya. Kalau tidak salah, Einstein mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk belajar adalah memulai dari contoh!

OK. Selamat belajar programming :)

1 comment:

  1. "satu-satunya cara untuk belajar adalah memulai dari contoh". nice statement,pak...

    salam blogwalking

    hmsf08.blogspot.com

    ReplyDelete